Pengobatan Anemia Secara Cepat Dan Efektif

Pengobatan Anemia Secara Cepat Dan Efektif

Anemia biasanya sering disebabkan oleh adanya kekurangan kadar zat besi dalam darah sehingga dapat memicu timbulnya reaksi seperti pusing, kram kaki ataupun kelelahan. Saat gejala anemia sudah mulai dirasakan oleh tubuh, segeralah melakukan penanganan dengan cepat agar tidak menimbulkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anemia, seperti

• Konsumsi Vitamin C

Dengan memperbanyak konsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen ataupun makanan sehat bisa menjadi salah satu cara yang sangat baik untuk mengatasi anemia. Ini karena vitamin C sendiri dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga dapat mendorong tubuh untuk memproduksi hemoglobin.

Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terhadap dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi vitamin C tersebut.

• Konsumsi Suplemen Zat Besi

Suplemen zat besi merupakan cara yang paling efektif untuk mengobati penyakit anemia. Konsumsilah suplemen zat besi satu jam sebelum makan agar dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

• Penambahan Vitamin B12

Ketika Anemia yang disebabkan oleh adanya kekurangan vitamin B12, maka hal ini bisa diatasi dengan cara meminum pil asam folat ataupun menyuntikan cairan vitamin B12. Tidak hanya itu, untuk mencukupi asupan vitamin B12 juga bisa didapatkan melalui sejumlah makanan seperti ikan, susu, telur serta daging sapi.

• Konsumsi Coklat

Saat anda tidak menyukai sayuran, maka dengan konsumsi coklat dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih dalam membantu mengatasi anemia.Baik itu dark chocolate ataupun coklat biasa yang mana kedua jenis coklat tersebut sama sama memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam coklat ketimbang buah – buahan berry.

• Perbanyak konsumsi Makanan Bersumber Zat Besi

Selain bisa membantu mengatasi anemia, kandungan berupa zat besi yang terdapat di dalam sejumlah makanan juga dapat meningkatkan kesehatan dalam tubuh, seperti kuning telur, brokoli, daging merah ataupun ikan.

• Konsumsi Tahu

Tahu termasuk jenis makanan berbasis kacang kedelai dengan kandungan zat besi tiamin cukup tinggi. Dengan diperkaya beberapa mineral penting seperti selenium, kalsium serta magnesium yang dapat membantu mengatasi penyakit anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *