Khasiat Minyak Lemon Untuk Kesehatan

Khasiat Minyak Lemon Untuk Kesehatan

Lemon termasuk salah satu jenis buah citrus yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jenis buah ini bisa dijadikan sebagai minyak esensial dengan beragam kegunaan. Kebanyakan orang mengolah lemon menjadi minyak esensial dengan cara menekan bagian kulit lemon, bukan dari buah yang terdapat didalamnya. Ini karena kulit lemon memiliki kandungan nutrisi yang cukup padat.

Berikut beberapa manfaat minyak esensial lemon bagi kesehatan tubuh, antara lain

• Membantu Memelihara Kesehatan Kulit

Kandungan sifat antioksidan yang terdapat pada minyak lemon ini dipercaya dapat membantu dalam mengurangi kerusakan jaringan kulit yang disebabkan oleh sejumlah radikal bebas. Tidak hanya itu, buah lemon juga memiliki sifat anti penuaan yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan juga awet muda.

Dilansir dari Jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, bahwa sifat antimikroba yang terdapat pada minyak esensial lemon dapat membantu dalam mengatasi sejumlah permasalahan kulit, seperti gigitan serangga, lecet dan luka, selulit serta kulit berminyak. Namun, perlu diingat agar tidak langsung mengoleskan minyak esensial pada bagian kulit karena dapat memicu timbulnya iritasi.

• Mengurangi Rasa Mual

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 terhadap ibu hamil yang menghirup aroma lemon sebagai aromaterapi. Dalam penelitian tersebut diikuti sebanyak 100 orang ibu hamil yang dipilih secara acak dengan tingkat keseringan mual sampai muntah.

Seluruh peserta yang ikut serta dalam penelitian tersebut dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Dimana kelompok kontrol akan menghirup plasebo ( minyak kosong tanpa ada kandungan ), Sementara kelompok intervensi menghirup minyak esensial lemon sesaat setelah mereka merasa mual.

Hasilnya, terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara kelompok kontrol dan juga intervensi yang mana sejumlah ibu hamil yang berada pada kelompok intervensi mengaku lebih jarang merasakan mual sampai muntah.

• Melindungi Organ Dalam

Jenis minyak esensial lemon diyakini bisa membantu dalam melindungi organ dalam seperti ginjal dan juga hati yang disebabkan oleh adanya penggunaan obat aspirin ( Salah satu obat anti-pembekuan darah serta anti-nyeri ).

Hal tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 terhadap tikus. Tikus tersebut mengalami kerusakan hati serta ginjal akibat penggunaan aspirin dengan dosis yang cukup tinggi.

Dan hasilnya, setelah beberapa kali diberikan minyak lemon ternyata bisa membantu mengurangi kadar oksidatif serta kerusakan pada kedua organ tersebut. Ini karena minyak lemon memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjebak sejumlah radikal bebas untuk berhenti menyerang kedua organ tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *