Jenis Makanan Pemicu Reaksi Alergi

Jenis Makanan Pemicu Reaksi Alergi

Alergi merupakan reaksi abnormal yang terjadi pada tubuh ketika sistem imun sedang melawan zat asing yang umumnya tidak berbahaya. Ketika sistem imun lalai dalam mengenali zat jinak sebagai ancaman bagi tubuh maka menurutnya hal ini perlu dibasmi. Makanan merupakan salah satu contoh zat penyebab munculnya alergi.

Adapun beberapa jenis makanan yang dianggap sebagai penyebab kambuhnya alergi, seperti

• Telur

Telur termasuk salah satu jenis makanan yang paling sering dianggap sebagai penyebab munculnya alergi pada anak – anak. Putih telur digadang – gadang menjadi dalang utama yang mana notabennya mengandung protein yang lebih tinggi ketimbang kuning telur.

• Makanan Laut

Kepiting, udang, kerang, cumi, tiram dan ikan bersisik seperti tuna, kakap atau salmon merupakan makanan laut yang bisa menjadi penyebab munculnya alergi terhadap beberapa orang. Kebanyakan orang dewasa sering mengalami alergi terhadap ikan ataupun kerang.

Dilansir dari Healthline, bahwa alergi makanan laut muncul pada saat sistem imun tubuh sedang berusaha melawan protein bernama tropomyosin. Selain itu, protein yang mungkin terkandung dalam daging seafood berperan memicu imun bereaksi negatif yang disebut dengan myosin light chain dan arginine kinase.

Untuk gejala alergi terhadap makanan laut ini biasanya datang secara cepat atau mirip dengan alergi makanan pada umumnya, Akan tetapi, alergi yang disebabkan oleh makanan laut ini terkadang sulit dibedakan dari reaksi keracunan makanan akibat infeksi virus ataupun bakteri.

• Susu Sapi

Susu sapi segar atau olahan lainnya dengan berbahan dasar susu sapi seperti keju, es krim, mentega dan krim biasanya dapat menjadi penyebab munculnya alergi.

Untuk alergi susu terjadi saat imun tubuh telah mengenali protein yang terdapat dalam susu sebagai zat berbahaya sehingga akhirnya sistem kekebalan tubuh mengeluarkan antibodi imunoglobulin untuk membantu menetralkan protein tersebut.

• Gandum

Gandum adalah makanan yang paling sering dianggap sebagai penyebab munculnya alergi pada anak – anak. Terlebih, kandungan beberapa protein yang terdapat di dalam gandum bisa memicu timbulnya reaksi pada imun tubuh. Selain reaksi umum yang akan muncul akibat mengonsumsi gandum, ternyata alergi tersebut juga dapat kambuh ketika menghirup butiran tepung gandum. Untuk reaksinya sendiri seperti asma atau sesak nafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *