Manfaat Labu Air Untuk Kesehatan

Manfaat Labu Air Untuk Kesehatan

Labu air termasuk kedalam jenis buah dari tanaman rambat yang bernama ilmiah Lagenaria Siceraria. Jenis buah ini memiliki bentuk lonjong dengan bagian kulitnya berwarna hijau dan daging buahnya berwarna putih. Biasanya labu air yang telah dimasak mempunyai rasa tawar atau mirip dengan mentimun.

Terdapat beragam jenis nutrisi yang terkandung dalam labu air. Dengan menambahkan labu air kedalam menu harian maka anda akan memperoleh sejumlah manfaat, seperti

• Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Menurut sebuah penelitian yang dilansir melalui International Journal Of Green Pharmacy, bahwa manfaat labu air dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Pada penelitian tersebut diikuti sebanyak 40 orang dengan usia 35 – 65 tahun dimana mereka diminta untuk meminum 200 ml sari labu air setiap pagi dalam kurun waktu 90 hari.

Hasilnya, setelah mereka rutin meminum sari labu air, GDP ( Gula Darah Puasa ) yang sebelumnya 87,5 mg/dL turun menjadi 84,1 mg/dL. Meskipun sedikit, penurunan sebanyak 3,9 persen ini membuktikan bahwa sari buah air tersebut mempunyai potensi bagi para penderita diabetes.

• Membantu Penyembuhan Penyakit Kulit

Biji, daging serta ekstrak labu air sudah lama dikenal memiliki manfaat sebagai pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi berbagai penyakit kulit. Ini karena jenis buah tersebut mengandung senyawa antimikroba yang cukup banyak.

Selain itu, ekstrak labu air juga diketahui dapat membantu melawan bakteri Streptococcus pyogenes dan Pseudomonas aeruginosa yang mana kedua jenis bakteri tersebut bisa memicu timbulnya infeksi yang ditandai dengan nyeri, rasa gatal, ruam serta kemerahan.

• Memperoleh Kandungan Nutrisi

Labu air merupakan bahan pangan dengan kandungan rendah kalori serta memiliki beragam nutrisi. Dalam seratus gram labu air mengandung sebanyak 0,6 gram protein, 3,8 gram karbohidrat serta 0,2 gram lemak. Berkat kandungan air yang cukup tinggi, membuat jenis buah ini hanya mengandung sebanyak 19 kalori.

Konsumsi labu air juga turut memberikan tubuh anda kalium, kalsium, natrium, zat besi dan juga fosfor. Tidak hanya itu, labu air juga memiliki kandungan berupa Vitamin B1, B2, B3, C dan A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *