Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan

Madu hitam berasal dari bunga mahoni sehingga memiliki warna yang lebih hitam serta pekat. Tidak hanya itu, jenis madu ini juga memiliki rasa yang lebih pahit ketimbang madu yang lain. Untuk rasa pahit madu tersebut diperoleh dari senyawa alkaloid yang terdapat pada pohon mahoni. Namun, dari alkaloid inilah mengandung sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari jenis madu hitam.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Journal Of Basic Medical Sciences pada tahun 2013 mengungkapkan penggunaan madu modern dan juga tradisional untuk kesehatan tubuh. Dari penelitian tersebutlah diketahui bahwa kandungan antioksidan pada madu hitam lebih tinggi dibanding dengan jenis madu lainnya.

Ini karena jenis madu yang memiliki kandungan senyawa flavonoid mengandung lebih banyak fenolik total sehingga efek yang didapatkan pun lebih besar terhadap tubuh manusia.

Tidak hanya itu, sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa semakin gelap madu tersebut maka semakin banyak vitamin serta nutrisi yang terkandung di dalamnya sehingga tidak heran jika madu hitam tersebut dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh., seperti

• Membantu Mengobati Maag

Madu hitam dipercaya bisa membantu dalam mengatasi berbagai gejala maag seperti mual dan sakit perut. Salah satu penyebab seseorang mengalami gejala maag yakni tukak lambung. Nah, dengan mengonsumsi madu bisa membantu dalam mengurangi gejala tukak lambung yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori.

• Meredakan Batuk

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Pediatric Health terdapat seseorang yang mengalami bronkitis mengungkapkan sifat dasar madu secara umum bisa membantu mengurangi gejala batuk. Cara ini bisa digunakan terhadap seseorang yang sama sekali belum melakukan pengobatan apa pun untuk mengatasi gejala batuk tersebut.

Meski demikian, tetap dianjurkan untuk menggunakan madu hitam bersamaan dengan obat batuk lainnya agar nantinya batuk tersebut dapat segera membaik.

• Cocok Untuk Penderita Diabetes

Kandungan kadar glukosa yang cukup rendah pada madu hitam dipercaya dapat membantu menurunkan tingkat gula darah secara drastis.

Terlebih, menurut Journal Pharmaceutical Biology, tanaman yang memiliki senyawa alkaloid juga menunjukkan aktivitas antihiperglikemik yang mana percobaan tersebut dilakukan terhadap tikus yang memiliki riwayat diabetes. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah hal tersebut benar – benar aman untuk manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *