Jenis Teh Herbal Dalam Mengatasi Gejala IBS

Jenis Teh Herbal Dalam Mengatasi Gejala IBS

Terdapat begitu banyak cara yang bisa digunakan dalam mengatasi penyakit IBS ( irritable Bowel Syndrome ) saat kambuh. Penyakit pencernaan ini biasanya dapat mengganggu kerja usus besar sehingga memicu munculnya sembelit, diare, sakit perut dan juga kram perut. Ketika penyakit ini menyerang tubuh, pastinya akan membuat anda kurang nyaman serta sulit beraktivitas. Untuk mengatasi gejala tersebut, ada beberapa jenis teh herbal yang bisa digunakan, seperti

• Teh Chamomile

Teh Chamomile biasanya digunakan untuk mengatasi sejumlah permasalahan kesehatan. Dilansir dari Spandidos Publications, bahwa sifat antiradang yang terdapat pada jenis teh herbal ini dapat membantu dalam meredakan kejang otot ketika gangguan usus.

Tidak hanya itu, teh chamomile juga dapat mengendurkan otot perut, menghilangkan kembung, menenangkan perut dan juga mengurangi iritasi pada usus sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba teh herbal ini dalam mengatasi gejala irritable Bowel Syndrome ( IBS ).

• Teh Kunyit

Kegunaan kunyit sebagai bumbu masakan sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, ternyata salah satu jenis bumbu masakan ini juga bisa membantu dalam mengatasi gejala irritable Bowel Syndrome ( IBS ). Menurut sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ekstrak kunyit dapat membantu dalam mengurangi sakit perut. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan serta antiradang pada kunyit juga bisa membantu dalam meringankan gejala irritable Bowel Syndrome ( IBS ).

• Teh peppermint

peppermint merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan dalam meredakan sejumlah masalah pencernaan termasuk juga gejala irritable Bowel Syndrome ( IBS ). Selain itu, teh peppermint juga bisa membantu mengurangi kembung serta meredakan sakit perut. Terlebih, beberapa penelitian juga menunjukkan keampuhan minyak peppermint dalam mengatasi gejala IBS ini.

• Teh Adas Manis

Teh adas manis bisa membantu dalam melemaskan otot kram pada perut serta melancarkan pencernaan. Pada tahun 2012, telah dilakukan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan mengungkapkan fakta mengenai minyak esensial dapat bekerja secara efektif dalam mengendurkan otot dan juga mengobati sembelit sebagai salah satu gejala irritable Bowel Syndrome ( IBS ).

Dilain sisi, pada tahun 2016 juga telah dilakukan sebuah penelitian yang dilansir dari Journal Of Ethnopharmacology menyebutkan bahwa seseorang yang meminum kapsul minyak adas manis dalam kurun waktu empat minggu juga dapat membantu mengurangi gejala irritable Bowel Syndrome ( IBS ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *