Obat Asma Alami Untuk Anak – anak

Obat Asma Alami Untuk Anak - anak

Asma merupakan kondisi yang dapat membuat bagian organ dada anak – anak terasa nyeri seperti terlilit kencang oleh tali sehingga menyebabkan kesulitan dalam bernapas, batuk ataupun mengi ( mengeluarkan napas berbunyi ). Untuk cara pengobatan asma pada anak lebih direkomendasikan dengan menggunakan obat – obatan medis dari dokter. Akan tetapi, khusus untuk anak – anak asma biasanya juga dapat diredakan dengan cara pengobatan tradisional dari bahan – bahan herbal yang ada di dapur.

Berikut beberapa jenis pilihan obat tradisional dari bahan herbal yang berguna untuk membantu meredakan asma pada anak – anak, antara lain

• Bawang Putih dan Ginseng

Sifat antiradang pada bawang putih diyakini dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan akibat asma. Selain itu, sebuah studi  juga mengungkapkan bahwa jika bawang putih digabungkan dengan ginseng dapat meningkatkan keampuhannya dalam mengatasi asma.

Seekor tikus yang telah diberikan bawang putih dan juga ginseng dalam waktu 21 hari dinyatakan mengalami penurunan gejala serta peradangan paru – paru. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh para peneliti dari fakultas kedokteran hewan, South Valley University di Mesir

Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai keampuhan kedua jenis herbal tersebut sebagai pengobatan tradisional asma pada anak dalam jangka waktu yang panjang.

• Jahe

Jahe termasuk salah satu jenis herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk mengatasi gejala asma. Selain itu, jahe juga dipercaya bisa membantu dalam melemaskan otot – otot pada bagian dinding pernapasan yang menegang seperti yang terkandung dalam beberapa jenis obat asma sehingga tidak heran jika jahe tersebut bisa digunakan dalam meredakan gejala asma pada anak – anak.

Dilansir dari Journal of Pharmaceutical Biology, bahwa jahe juga bisa membantu dalam mengurangi respon alergi dengan menurunkan kadar IgE pada tubuh. Seperti yang diketahui, bahwa penyakit asma ini biasanya memiliki kaitan yang cukup erat dengan alergi. Saat kadar Ige menurun maka reaksi alergi yang muncul lama kelamaan juga akan ikut  berkurang dengan sendirinya.

Alhasil, gejala asma yang terjadi pada anak – anak pun bisa lebih dikendalikan dan jarang kambuh lagi dikemudian hari. Sebagai obat tradisional dalam meredakan gejala asma terhadap anak – anak, anda bisa mengolahnya menjadi wedang jahe hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *