Khasiat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan Tubuh

Ikan tongkol ( Euthynnus affinis ) banyak dijumpai di perairan samudera pasifik. Selain itu, jenis ikan ini juga memiliki julukan lain yakni mackerel tuna di Amerika serta kawkawa di Fiji.

Berikut beberapa khasiat pada ikan tongkol, antara lain

• Tinggi Protein

Ikan tongkol bisa anda jadikan sebagai salah satu alternatif sumber protein hewani yang murah meriah untuk makanan sehari – hari. Hal ini karena dalam 150 gram ikan tongkol terdapat protein sebanyak 39 gram yang mana dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan protein harian anda.

Protein sangat penting bagi tubuh dalam membantu membangun jaringan dan juga sel yang baru untuk mengganti yang sudah rusak. Tidak hanya itu, protein dapat meningkatkan sistem imun, menguatkan tulang otot serta memperbaiki sel yang rusak. Protein juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otot tubuh, kulit, kuku dan rambut.

Saat kekurangan protein maka akan menyebabkan sistem imun tubuh menurun, tubuh terasa lelah serta susah sembuh dari luka.

• Menjaga Kadar Elektrolit Tubuh

Asupan natrium tambahan dari ikan tongkol bisa membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, natrium juga sangat berperan penting dalam menjaga fungsi otot dan juga saraf agar tetap normal.

Biasanyanya tubuh dapat memperoleh natrium dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari – hari. Perlu diketahui, bahwa natrium pada tubuh tersimpan pada cairan getah bening serta darah. Kemudian ginjal akan menjaga kadar natrium agar tetap konsisten dengan cara rutin membilas kelebihan keringat dan urin.

Namun, saat jumlah yang masuk dengan yang dikeluarkan tidak seimbang maka persediaan natrium pada tubuh juga akan ikut terpengaruh. Untuk itu, dengan mengonsumsi ikan tongkol yang kaya akan natrium maka bisa membantu anda agar terhindari dari sejumlah masalah hiponatremia ( kadar natrium rendah ).

• Tinggi Mineral dan Vitamin

Ikan tongkol berasal dari galur yang mana sama seperti ikan makarel dan juga ikan tuna, yakni famili scombridae sehingga kandungan gizi yang terdapat didalamnya pun juga tidak jauh berbeda.

Dalam 1 porsi ikan tongkol biasanya mengandung sebanyak 150 gram dengan nutrisi sebagai berikut:
– Vitamin A : 2%
– Vitamin C : 2%
– Kalori : 179 kalori
– Kolesterol : 46 mg
– Kalsium : 2%
– Protein : 39 gram
– Lemak : 1 gram
– Natrium : 521 gram
– Zat Besi : 13%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *