Khasiat Quercetin ( Pigmen Tumbuhan ) Untuk Tubuh

Khasiat Quercetin ( Pigmen Tumbuhan ) Untuk Tubuh

Salah satu pigmen yang paling sering dijumpai pada buah-buahan dan juga sayuran yaitu quercetin. Senyawa yang juga termasuk ke dalam kategori antioksidan ini memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh.

Seperti tomat, brokoli, bawang merah, bawang putih, buah ceri, kubis, apel, anggur merah, teh hijau, teh hitam, buah beri dan juga asparagus merupakan buah-buahan dan sayuran yang paling banyak terkandung pada quercetin.Namun perlu diingat bahwa kandungan yang terdapat pada quercetin di setiap jenis sayur dan buah akan berbeda, tergantung bagaimana tanaman tersebut akan tumbuh. 

Quercetin merupakan sebuah pigmen tanaman yang memiliki kandungan senyawa antioksidan cukup banyak seperti, flavonoid. Biasanya pigmen tersebut dapat anda jumpai pada anggur, brokoli, bawang, jeruk dan buah beri. Sebagai salah satu jenis antioksidan yang cukup kuat, quercetin diyakini dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai jaringan yang rusak akibat obat-obatan.

Berikut beberapa manfaat quercetin untuk kesehatan tubuh, antara lain

• Membantu Mengurangi gejala Alergi

Tak hanya memiliki kandungan senyawa antioksidan, ternyata quercetin juga dapat melepaskan berbagai zat anti-peradangan yang dapat dipakai untuk obat anti-alergi.

Untuk cara kerjanya yakni dengan menghambat pelepasan zat histamin dari mast dan juga senyawa alergi lainnya sehingga nantinya quercetin dapat berperan sebagai antihistamin alami. Dengan mencegah efek tersebut juga membuat quercetin diyakini dapat digunakan dalam mengobati bronkitis serta asma.

Terlebih sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen quercetin pada tikus sebagai percobaan dapat mengurangi reaksi anafilaktik. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah efek tersebut sama efektifnya pada manusia.

• Menurunkan Tekanan Darah

Untuk anda yang mempunyai tekanan darah tinggi, mungkin dapat memanfaatkan senyawa yang terdapat pada quercetin untuk membantu mengatasi kondisi tersebut. Ini karena quercetin dapat menghambat kumpulan trombosit serta meningkatkan kesehatan endotelium yang mana merupakan lapisan tipis yang berperan melindungi pembuluh darah, termasuk ke bagian jantung.

• Melawan Radikal Bebas

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari quercetin yakni membantu tubuh dalam melawan berbagai radikal bebas. Dilansir dari Pharmacognosy Review bahwa kandungan antioksidan mampu menghambat reaksi oksidasi yang bisa memicu munculnya radikal bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *