Khasiat Teh Hibiscus Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Teh Hibiscus Untuk Kesehatan Tubuh

Teh hibiscus termasuk ke dalam jenis teh herbal yang terbuat dari kembang sepatu yang telah dikeringkan. Rasa manis serta asam pada teh hibiscus dapat diminum dalam keadaan dingin maupun hangat. Selain itu, jenis teh herbal ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa terdapat berbagai manfaat teh hibiscus seperti membantu dalam menurunkan berat badan dan juga mengendalikan tekanan darah pada tubuh.

• Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat pada teh hibiscus dalam menurunkan kadar kolesterol dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dimuat dalam The journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam penelitian tersebut dilakukan perbandingan kadar kolesterol pada orang yang meminum teh hibiscus dan juga teh hitam.

Terdapat sebanyak 50 peserta dengan tingkat tekanan darah tinggi yang mana diminta untuk minum teh hibiscus ataupun teh hitam sebanyak dua kali sehari dalam kurun waktu satu bulan. Alhasil terjadi peningkatan terhadap kadar kolesterol baik ( HDL ) dan penurunan terhadap kolesterol jahat ( LDL ) serta trigliserida terhadap mereka yang meminum teh hibiscus.

• Membantu Menurunkan Berat Badan

Terdapat sejumlah penelitian yang mengungkapkan bahwa manfaat dari teh hibiscus dapat membantu dalam menurunkan berat badan yang mana penelitian tersebut melibatkan sebanyak 30 orang dengan memiliki kelebihan berat badan dan diminta untuk meminum teh hibiscus. Hasilnya setelah 10 minggu kemudian para peserta yang meminum teh hibiscus mengalami penurunan angka terhadap berat badan, nilai indeks massa tubuh, rasio pinggul ke pinggang dan juga persentase lemak.

• Menurunkan Tekanan Darah

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition, mengungkapkan bahwa dengan meminum teh hibiscus bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam penelitian tersebut dilakukan terhadap 60 orang dengan menderita hipertensi yang mana para peserta tersebut dibagi menjadi dua. Sebagian kelompok diberi minum teh hibiscus dan sebagian lagi tidak dalam kurun waktu 6 minggu. Alhasil peserta yang meminum teh hibiscus mengalami penurunan terhadap tekanan darah sistolik yang cukup signifikan ketimbang mereka yang tidak minum.

Selain itu, terdapat juga penelitian lain yang mengungkapkan bahwa teh hibiscus sangat mampu dalam menurunkan tekanan darah diastolik dan juga sistolik dengan rata – rata 7,59 mmHG dan 3,54 mmHG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *