Taukah Anda Ternyata Karantina dan Isolasi Punya Makna Berbeda

Taukah Anda Ternyata Karantina dan Isolasi Punya Makna Berbeda

Taukah Anda Ternyata Karantina dan Isolasi Punya Makna Berbeda

Wabah virus corona menjadi sorotan hampir di semua media yang ada di dunia saat ini. Hampir semua aspek dalam kehidupan masyarakat didunia bahkan terpengaruh dengan wabah virus corona tersebut. Masyarakat bahkan di anjurkan untuk tetap berada didalam rumah dan menjalani semua aktivitasnya hanya didalam rumah saja. Hal ini tentunya dilakukan untuk meminimalkan penyebaran dari virus corona yang dinilai terlampau cepat.

Berbagai istilah baru bahkan dikenal dalam masyarakat saat ini namun pemakaian istilah tersebut tentunya harus dipahami dengan baik untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman yang mungkin bisa berakibat fatal. Karantina dan isolasi tentunya menjadi salah satu istilah yang cukup menakutkan jika terdengar didalam masyarakat saat ini. kedua istilah tersebut mempunyai makna yang berbeda namun sering sekali dianggap sama didalam masyarakat.

Karantina mempunyai arti adanya sekelompok atau individu yang belum mempunyai gejala tetapi berdekatan dengan sumber penyakit sehingga diharuskan untuk membuat jarak agar tidak terinfeksi ataupun menginfeksi pihak lainnya. Membuat jarak disini juga mempunyai makna bahwa seseorang individu berada dalam jarak lebih kurang enam kaki dari seseorang yang terindikasi terkena virus corona untuk periode tertentu.

Isolasi mempunyai makna yang hampir sama dengan karantina namun individu disini merupakan salah satu penderita dari virus corona sehingga harus di pisahkan dari individu lainnya agar tidak menularkan virus tersebut ke pihak lainnya. Tujuan dari isolasi dan karantina adalah sama hanya saja individu yang melaksanakan kegiatan tersebut adalah dua individu yang berbeda. Individu yang berstatus isolasi harus benar-benar berada didalam rumah dan berada dalam pengawasan khusus.

Mereka hanya boleh pergi keluar rumah jika memiliki kepentingan seperti berkunjung ke rumah sakit untuk pengobatan. Kebersihan diri dan lingkungan juga menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari isolasi. Piring, gelas, peralatan makanan hingga handuk dan tempat tidur dari seseorang yang menjalani isolasi tidak boleh dicampur dengan individu lainnya. Mencuci tangan juga menjadi hal utama yang bisa dilakukan untuk menghindari penularan virus corona ini. Pergunakanlah tisu saat batuk dan bersin, lalu tisu tersebut dibuang langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *