Khasiat Buah Sukun Yang Jarang Diketahui

Khasiat Buah Sukun Yang Jarang Diketahui

Dilansir dari Dr. Mercola’s Food Facts, bahwa buah sukun memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dalam satu cangkir dengan berat sekitar 210 gram mengandung energi sebanyak 217 kalori. Uniknya buah yang bernama latin Artocarpus altilis ini juga memiliki kandungan lemak sebesar 0.5 gram.

Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat pada buah sukun yakni serat, protein berkualitas tinggi dan juga karbohidrat kompleks. Anda juga bisa memperoleh berbagai asupan mineral serta vitamin seperti zat besi, vitamin B, vitamin C, kalsium dan juga fosfor dari mengonsumsinya.

Berikut beberapa khasiat buah sukun, antara lain

• Membantu Tubuh Dalam Menangkal Radikal Bebas

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa kandungan senyawa flavonoid serta phenolic pada buah sukun memiliki sifat antioksidan yang dipercaya bisa membantu tubuh dalam melawan dampak yang akan ditimbulkan oleh radikal bebas. Terlebih, jenis buah ini berwarna kuning – orange yang mana lebih banyak memiliki kandungan antioksidan lutein dan xanthin dengan manfaat yang sama..

• Membantu Memelihara Kesehatan Sistem Peredaran Darah

Buah sukun memiliki kandungan berupa zat besi, kalium dan juga berbagai mineral lain yang dapat dijadikan sebagai salah satu komponen penting dalam menjaga tekanan darah dan juga denyut jantung agar tetap stabil.Tidak hanya itu, kandungan berupa senyawa fitokimia yang terdapat pada buah sukun juga bisa mencegah pengerasan serta penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh timbunan kolesterol.

• Buah Yang Mengeyangkan

Dilansir dari Dr. Mercola’s Food Facts, bahwa dalam 210 gram buah sukun mengandung sebanyak 49.7 gram karbohidrat, 2.4 gram protein dan juga 10.8 gram serat. Tentu saja, dengan kandungan yang terdapat pada jenis buah ini dapat membuat anda lebih kenyang lebih lama.

• Membantu Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah sukun dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi buah sukun juga bisa menurunkan tekanan darah, risiko obesitas serta melindungi usus besar dari berbagai senyawa kimia penyebab kanker .

Walaupun rasanya tidak sebegitu nikmat dari jenis buah – buahan lain, buah sukun tersebut dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin mencoba jenis buah – buahan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *