Vitamin Untuk Kesehatan Sistem Pernapasan

Vitamin Untuk Kesehatan Sistem Pernapasan

Terdapat begitu banyak cara dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan seperti mengurangi paparan polusi, konsumsi makanan dengan kandungan vitamin yang baik untuk sistem pernapasan, berhenti merokok dan juga menjaga kebersihan rumah.

Sistem pernapasan yang sehat membuat anda lebih bisa bernapas dengan lega. Anda dapat mencium aroma masakan, menghirup udara segar dan juga melakukan aktivitas tanpa takut terganggu dengan batuk, hidung tersumbat ataupun sesak napas.

Agar sistem pernapasan selalu sehat, anda dapat menjaganya dengan cara memenuhi berbagai asupan makanan yang kaya akan vitamin, seperti

• Vitamin E

Untuk vitamin E ini bekerja dengan mengurangi peradangan yang terjadi pada bagian paru – paru serta mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Selain itu, menurut sebuah studi mengungkapkan bahwa asupan vitamin E yang rendah dapat memicu munculnya risiko alergi yang lebih tinggi pada sang ibu serta asma pada bayinya.

Hampir semua jenis kacang – kacangan seperti kenari maupun almond memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga anda dapat menikmatinya secara langsung ataupun dijadikan sebagai topping salad serta yogurt.

• Vitamin A

Vitamin A termasuk salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Saat berada di dalam tubuh, vitamin A tersebut bekerja dengan mendukung sistem kekebalan tubuh, perkembangan janin dan juga pembelahan sel.

Selain itu, Luiss Torres juga mengungkapkan bahwa vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung perkembangan paru – paru, pemeliharaan jaringan, pembentukan alveolar serta regenerasi sel. Ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin A maka risiko terjadinya penyakit paru – paru menjadi meningkat.

• Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin larut air yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat serta membantu melindungi sel – sel tubuh dari berbagai zat berbahaya. Dengan meningkatkan asupan berupa vitamin C pada makanan maka dapat menurunkan risiko anda terkena berbagai masalah pernapasan.

Dilansir dari Nutrients, bahwa vitamin C sendiri sangat bermanfaat dalam merawat sekaligus mencegah penyakit asma. Selain itu, vitamin tersebut juga dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan fungsi paru – paru serta mengurangi kerusakan jaringan pada paru – paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *