Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Pekerja Shift Malam

Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Pekerja Shift Malam

Umumnya manusia bekerja dari pagi sampai sore hari dan beristirahat di malam hari. Namun terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk bekerja secara aktif pada malam hari seperti pekerja call center 24 jam ataupun penjaga keamanan.

Nah, untuk pekerja shift malam ataupun pagi, biasanya mereka membutuhkan asupan berupa makanan yang sehat. Makanan yang dikonsumsi oleh para pekerja shift malam tidak boleh sembarangan agar nantinya tubuh mereka tetap bugar serta tidak memicu berbagai masalah kesehatan di kemudian hari, seperti

• Karbohidrat Kompleks

Umumnya para pekerja shift malam memerlukan energi tambahan dari makanan agar nantinya tetap terjaga, alias tidak mengantuk. Energi tersebut dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan berupa karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks memiliki kandungan serotonin yang bisa membantu tubuh untuk tetap rileks. Selain itu, serat yang terdapat pada makanan berkarbohidrat kompleks juga dapat membuat para pekerja shift malam tetap kenyang sehingga mereka tidak diharuskan makan banyak ketika bertugas.

Seperti kentang, pasta gandum dan juga nasi merah merupakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks sehingga sangat cocok dikonsumsi pada malam hari.

• Protein dan Lemak Sehat

Protein dan lemak sehat biasanya dapat mendorong seseorang untuk kenyang lebih lama sehingga nantinya dapat dicegah ketika ingin makan makanan yang tidak sehat. Kebanyakan mereka yang bekerja shift malam akan makan di sela – sela  aktivitasnya yang mana ditakutkan akan memicu munculnya rasa ingin makan makanan manis ataupun yang tidak sehat.

• Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah ( GI )

Dilansir dari ANMJ ( Australian Nursing and Midwifery journal ), bahwa seseorang yang bekerja pada malam hari diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah. Ini karena, pankreas manusia yang berperan dalam mengolah gula darah tidak dapat berfungsi dengan baik pada malam hari. Namun, ketika anda makan dengan makanan yang memiliki GI cukup tinggi maka akan mempengaruhi kinerja pankreas menjadi lebih berat.

Makanan berbahan dasar biji – bijian, kacang – kacangan dan yogurt merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik yang cukup rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh para pekerja shift malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *