Kandungan MSG Alami Pada Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

Kandungan MSG Alami Pada Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

Monosodium Glutamat ( MSG ) alias micin termasuk salah satu jenis bumbu penyedap masakan andalan masyarakat indonesia yang tak perlu diragukan lagi. Walaupun kerap dianggap buruk karena dapat membuat ketagihan, namun pernahkah anda berpikir sejenak terdapat beberapa jenis makanan sehat yang ternyata memiliki kandungan MSG alami dan diyakini dapat membantu dalam menurunkan berat badan? Tentu ini bukanlah merupakan sembarangan MSG. Umami ialah dalang dibalik berbagai manfaat MSG alami ini.

Umami sendiri merupakan rasa gurih yang sangat khas serta memiliki perbedaan dari empat rasa dasar yang telah dikenali oleh lidah seperti asam, asin, pahit dan juga manis. Untuk rasa gurih umami dihasilkan dari beragam kandungan asam amino glutamat. Umumnya tubuh manusia memproduksi asam amino glutamat dengan rasio yang sangat kecil yang mana dapat berperan dalam menjaga tubuh agar tetap optimal.

Untuk Asam amino glutamat tersebut dapat anda jumpai di setiap bahan – bahan dasar makanan, terutama pada  makanan yang berpotensi tinggi serta beberapa jenis sayuran seperti rumput laut dan juga tomat. Secara alami, biasanya asam glutamat tersebut bisa dijumpai dalam 15 – 30% dari semua jenis protein pada setiap makanan.

Rasa gurih umami tersebut yang nantinya dapat menginspirasi proses pembuatan MSG komersil yang anda konsumsi selama ini. Terlebih, saat ini MSG terbuat dari gula tebu, fermentasi pati, dan juga molase, bukan dari pengolahan kaldu rumput laut seperti sedia kala.

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung MSG alami,seperti

• Jamur

Jamur kering memiliki rasa umami yang cukup kuat ketimbang jamur segar. Hal tersebut karena telah terjadi pemecahan terhadap bahan – bahan kimia pada saat proses pengeringannya. Dengan memasak jamur juga dapat membantu meningkatkan rasa umami yang terdapat didalamnya.

• Keju

Seperti cheddar serta parmesan yang mana keduanya memiliki rasa umami yang sangat kuat. Terlebih, makanan apapun yang ditambahkan dengan keju pasti akan menciptakan rasa yang enak. Semakin tua umur keju tersebut maka kandungan umami didalamnya akan semakin tinggi.

• Tomat

Tomat termasuk salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan glutamat. Dalam 100 gram tomat memiliki kandungan asam glutamat bebas sebanyak 140 mg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *