Khasiat Vitamin B12 Untuk Kesehatan

Khasiat Vitamin B12 Untuk Kesehatan

Vitamin B12 termasuk salah satu jenis vitamin yang bertugas dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, sangat disayangkan vitamin B12 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, melainkan diperoleh dari makanan sehari – hari yang anda konsumsi seperti ikan, susu, daging ataupun melalui suplemen.Umumnya, vitamin B12 dapat mendorong kinerja sistem saraf, pembentukan DNA ataupun pembentukan sel darah merah dalam tubuh

Berikut beberapa khasiat yang terkandung dalam vitamin b12, antara lain

• Mengurangi Gejala Depresi dan Meningkatkan Suasana Hati

Vitamin B12 berperan dalam memetabolisme serotonin, hormon pada otak yang bertanggung jawab memunculkan perasaan bahagia dan tenang serta menstabilkan emosi. Untuk itu, saat seseorang mengalami kekurangan vitamin B12 maka ia akan lebih cenderung berisiko lebih tinggi mengalami depresi ataupun mood swing.

Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa dengan konsumsi berbagai jenis obat antidepresan yang dikombinasikan dengan asupan vitamin B12 maka akan menurunkan tingkat keparahan gejala depresi saat kambuh, ketimbang mereka yang mengobatinya dengan obat antidepresan saja.

• Mencegah Anemia

Vitamin B12 bertugas membantu tubuh dalam memperoleh sel darah merah sehat. Sehingga inilah sebabnya mengapa asupan vitamin B12 yang cukup dapat mencegah anemia. Anemia merupakan suatu kondisi dimana terjadi kekurangan pada darah yang ditandai dengan berbagai gejala umum seperti letih, lemah dan juga lesu.

• Mencegah Osteoporosis dan Menjaga Kesehatan Tulang

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa orang dewasa dengan menunjukkan fakta bahwa ketika mereka mengalami kekurangan vitamin B12 maka akan memiliki kepadatan tulang yang cukup rendah. Kepadatan tulang yang rendah lama kelamaan akan membuat tulang tersebut menjadi rapuh sehingga berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

• Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin B12 dipercaya dapat membantu dalam mengurangi kadar asam amino ( homosistein ) yang terlalu tinggi dalam tubuh. Asam amino yang tinggi dapat berisiko terkena penyakit jantung. Selain itu, peningkatan kadar asam amino dalam tubuh juga dapat mempermudah pembentukan gumpalan darah serta merusak lapisan dinding pembuluh arteri yang dapat menyumbat otak, paru – paru serta jantung. Terlebih, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa vitamin B12 sangat mampu dalam mengendalikan tekanan darah tinggi dan juga tingkat kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *