Penyebab Kadar HB ( Hemoglobin ) Dalam Darah Melonjak

Penyebab Kadar HB ( Hemoglobin ) Dalam Darah Melonjak

Hemoglobin ( HB ) merupakan molekul protein yang dapat anda jumpai dalam sel darah merah. Molekul tersebut nantinya bertugas mengikat oksigen dari paru – paru yang menuju ke seluruh bagian tubuh serta kembali membawa karbondioksida yang diperoleh dari jaringan – jaringan yang mengarah ke paru – paru.

Selain itu, hemoglobin juga sangat berperan penting dalam menjaga bentuk dari sel darah merah pada tubuh. Untuk bentuk dari sel darah merah tersebut mirip seperti donat yakni bulat dengan pipih di bagian tengah, namun tidak memiliki lubang ditengahnya. Struktur hemoglobin yang tidak normal biasanya dapat menghambat fungsi dan juga mengubah bentuk dari sel darah merah tersebut.

Kadar hemoglobin tinggi ataupun rendah mungkin dapat terjadi terhadap setiap orang. Akan tetapi, anda juga perlu memahami terlebih dahulu perkiraan hemoglobin normal berdasarkan usia dan juga jenis kelamin.

– Pria paruh baya dengan jumlah 12.4 – 14.9 gm/dL
– Wanita paruh baya dengan jumlah 11.7 – 13.8 gm/dL
– Pria dewasa dengan jumlah 14 – 18 gm/dL
– Wanita dewasa dengan jumlah 12 – 16 gm/dL
– Anak – anak dengan jumlah 11 – 13 gm/dL
– Bayi satu bulan dengan jumlah 11 – 15 gm/dL
– Bayi satu minggu dengan jumlah 15 – 20 gm/dL
– Bayi baru lahir dengan jumlah 17 – 22 gm/dL

Saat hasil tes darah anda memperlihatkan kadar hemoglobin tinggi maka itu bisa saja menandakan anda sedang mengalami masalah kesehatan tertentu.

Adapun beberapa penyebab hemoglobin tinggi pada tubuh, antara lain

• Berada Pada Dataran Tinggi

Kadar hemoglobin tinggi juga dapat terjadi saat anda sedang berada pada dataran tinggi seperti di puncak gunung. Ketika berada di dataran tinggi biasanya kadar hemoglobin tersebut cenderung dapat meningkat. Ini karena sel darah merah juga dapat mengikat secara alami.

• Dehidrasi

Jika selama ini anda kurang minum, mungkin hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab kadar hemoglobin anda mengalami peningkatkan. Ini biasanya dapat terjadi karena saat dehidrasi, volume plasma pada darah secara otomatis akan meningkat. Nah ketika volume plasma pada darah meningkat cukup banyak, maka hemoglobin yang terdapat didalamnya juga akan ikut meningkat. Dehidrasi sendiri dapat terjadi ketika anda mengalami kekurangan cairan maupun diare yang mana dapat membuat anda membuang banyak cairan yang terdapat dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *