Tips Mengurangi Konsumsi Garam Untuk Menghindari Hipertensi

Tips Mengurangi Konsumsi Garam Untuk Menghindari Hipertensi

Sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa masakan tanpa menggunakan garam memiliki rasa yang tidak sedap. Sebenarnya dengan menambahkan garam pada masakan tidak menjadi masalah, namun dengan catatan harus dibatasi. Perlu diketahui, bahwa ketika terlalu banyak mengonsumsi garam maka akan membuat risiko terkena hipertensi menjadi meningkat.

Meskipun sering dianggap buruk, garam sebenarnya termasuk salah satu jenis mineral yang tetap diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Akan tetapi, asupan garam setiap hari juga memerlukan batasan agar tidak berlebihan serta menyebabkan masalah.

Kementerian kesehatan RI sebenarnya telah mewanti – wanti untuk membatasi penggunaan garam yang mana tidak boleh melewati dari satu sendok teh setiap harinya. Ini merupakan anjuran yang diperuntukan untuk mereka yang tidak memiliki penyakit kronis apapun ( dalam kondisi sehat ). ketika seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit jantung atau hipertensi maka jumlahnya pun juga perlu dikurangi, Sebaiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi maupun dokter yang bersangkutan.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi konsumsi garam, antara lain

• Masak Sendiri di Rumah

Tidak ada yang mengetahui seberapa banyak penggunaan garam di setiap masakan restoran cepat saji maupun warung pinggir jalan yang mana kemungkinan besar memiliki kandungan berupa natrium serta garam dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk itu, sebagai solusi terbaik yang dapat anda gunakan yakni dengan memasak sendiri di rumah.

• Kurangi Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan ataupun dikemas biasanya memiliki kandungan natrium cukup banyak. Untuk itu, harap menghindari berbagai jenis penggunaan bahan makanan yang telah dikemas seperti makanan kaleng ataupun sosis. Meskipun, dapat diolah sendiri, namun bahan makanan tersebut tetap mengandung garam cukup tinggi. Mulailah beralih ke penggunaan bahan makanan alami yang kaya akan kandungan gizi lebih tinggi.

• Gunakan Bumbu dan Rempah Alami Sebagai Penyedap Rasa

Mulailah beralih ke penggunaan berbagai jenis bumbu dan juga rempah dapur sebagai cita rasa pada makanan yang tidak kalah lezat, seperti bawang merah, kunyit, bawang putih, ketumbar, lada ( merica ), tomat serta jamur yang memiliki kandungan MSG alami. Ketika semuanya telah ditambahkan dan masih dirasa kurang sedap, barulah ditambahkan dengan garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *