Khasiat Daun Kucai Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kucai Untuk Kesehatan

Kucai merupakan tanaman herbal yang termasuk ke dalam keluarga bawang atau allium. Umumnya masyarakat indonesia mengenal tanaman tersebut dengan daun bawang ( daun kucai ). Selain itu, irisan daun ini juga dapat dijadikan sebagai pelengkap pada campuran isian lumpia serta bubur ayam.

Tanaman dengan nama latin Allium Tuberosum menyimpan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya yakni dapat membantu dalam melawan sel kanker.

Kebanyakan mereka sulit untuk membedakan antara daun bawang dan daun kucai. Ini karena keduanya sama – sama berwarna hijau dan juga berukuran panjang. Walaupun sangat sulit untuk membedakannya, sebenarnya anda dapat membedakan daun bawang dan daun kucai dengan cara berikut,
– Umumnya daun bawang lebih tebal jika dibandingkan kucai.
– Daun bawang memiliki daun yang lebih besar ketimbang daun kucai.
– Pada bagian bawah sampai akarnya berwarna putih untuk daun bawang, sedangkan, seluruh permukaan daun kucai berwarna hijau pekat.

Daun kucai kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin A, fosfor, folat, kolin dan juga magnesium. Ketika diolah dengan cara yang tepat maka akan memperoleh berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun beberapa manfaat daun kucai yang perlu diketahui:

• Baik Untuk Tulang

Daun kucai kaya akan vitamin K sehingga dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan serta mencegah pengeroposan pada tulang.Untuk vitamin K sendiri bisa meningkatkan produksi protein terhadap tulang yang dikenal sebagai osteocalcin. Osteocalcin tersebut nantinya bertugas dalam menjaga kepadatan mineral pada tulang.

• Menjaga Kesehatan Otak

Kucai memiliki kandungan berupa kolin yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini karena, kolin termasuk salah satu jenis nutrisi yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan otak, termasuk mengatur mood serta mempertajam ingatan.

Terlebih, hal tersebut juga diperkuat oleh penelitian yang dilansir melalui The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2011, menyebutkan bahwa asupan makanan yang kaya akan kolin mampu meningkatkan fungsi kognitif terhadap otak dan juga penyimpanan memori visual serta verbal.

• Membantu Menurunkan Kolesterol

Daun kucai memiliki kandungan allicin yakni suatu organosulfur yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol. Allicin dalam herbal tersebut berperan untuk melepaskan nitri oksida sehingga dapat menurunkan tekanan darah serta kekakuan pada pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *