Khasiat Tomat Cherry Bagi Kesehatan

Khasiat Tomat Cherry Bagi Kesehatan

Tomat terdiri dari beragam bentuk dan juga ukuran, untuk tomat cherry sendiri termasuk salah satu jenis buah yang berukuran sangat kecil. Walaupun tidak begitu populer seperti tomat pada umumnya, tomat cherry tersebut ternyata mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan.

Umumnya, kandungan nutrisi yang terdapat pada tomat cherry dengan tomat pada umumnya sama sama baik yang mana dalam 100 gram tomat chery memiliki kandungan berupa protein sebanyak 1,6 gram, karbohidrat  sebanyak 5 gram serta 26 kalori. Selain itu, buah ini juga mengandung 1.6 gram serat dan juga berbagai jenis macam mineral serta vitamin.

Mineral dan vitamin tertinggi yang terkandung pada tomat cherry yakni vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, zat besi, fosfor, kalium, kalsium, dan juga magnesium. Nutrisi tersebutlah yang nantinya membuat tomat cherry memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat tomat cherry bagi kesehatan, seperti

• Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan berupa kalium yang cukup tinggi pada tomat cherry membuat ia dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan sistem kerjanya merangsang pengeluaran berupa natrium dari tubuh, mengurangi tekanan pada pembuluh darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Umumnya kalium identik terhadap buah pisang. Nah, kandungan kalium yang terdapat pada 10 butir tomat cherry setara dengan pisang yang berukuran sedang. Dengan mengonsumsi tomat cherry maka akan mencukupi sebanyak 10 persen kebutuhan kalium harian anda.

• Menjaga Kesehatan Kulit

Tomat cherry kaya akan vitamin C serta beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan, kandungan berupa beta karoten pada tomat cherry lebih tinggi ketimbang tomat pada umumnya.

Untuk vitamin C tersebut berperan dengan merangsang pembentukan kolagen pada tubuh. Kolagen merupakan protein yang bertugas dalam menjaga kekuatan, kelembapan serta kelenturan terhadap kulit. Sedangkan, beta karoten bekerja dengan mencegah kerusakan yang terjadi pada kulit akibat radikal bebas.

• Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Terdapat begitu banyak jenis antioksidan pada tomat cherry, seperti vitamin C, vitamin A, likopen serta senyawa antioksidan fenolik. Antioksidan tersebut nantinya dapat membantu dalam menangkal radikal bebas yang bisa memicu pertumbuhan kanker serta merusak sel tubuh.

Likopen pada tomat cherry juga mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan jantung dan juga sistem peredaran darah yang bekerja dengan cara menjaga kadar kolesterol serta meningkatkan produksi senyawa khususnya yang berperan dalam melindungi pembuluh darah dari peradangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *