Jenis Tanaman Herbal Untuk Mengurangi Sakit Leher

Jenis Tanaman Herbal Untuk Mengurangi Sakit Leher

Obat herbal sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu jenis pengobatan tradisional yang diyakini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti nyeri di bagian leher. Umumnya obat herbal dapat dikonsumsi dengan beragam bentuk mulai dari pil, teh maupun dihirup sebagai aromaterapi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua orang akan memperoleh hasil yang sama dari pengobatan herbal tersebut.

Sakit leher bisa disebabkan oleh adanya berbagai hal seperti cedera, gejala serangan jantung ataupun otot tegang, dengan memanfaatkan tanaman herbal bisa menjadi salah satu solusi yang dapat anda lakukan. Berikut beberapa jenis obat herbal yang mungkin bisa membantu meredakan leher yang sakit, seperti

• Minyak Menthol

Dilansir dari Harvard Health Publishing mengungkapkan bahwa menthol mengandung sensasi dingin yang mana sensasi tersebut dapat menciptakan rasa nyaman yang bisa mengalihkan rasa sakit yang dialami. Biasanya, jenis obat herbal yang memiliki kandungan berupa menthol akan dikombinasikan bersamaan dengan kamper karena memiliki efek yang mirip. Meskipun menghasilkan sensasi dingin yang sangat menyenangkan, menthol tersebut tidak dapat mengubah suhu kulit. Untuk sensasi dingin tersebut diperoleh dari menthol yang memberikan rangsangan terhadap reseptor kulit sehingga sensasi dingin pun akan muncul.

Rasa sakit leher yang dialami mungkin akan redah sesaat setelah penggunaan menthol tersebut. Akan tetapi, ini bukan berarti obat herbal tersebut dapat menghilangkan penyebab dari gangguan ini.

• Ekstrak Cakar Setan

Jenis tanaman yang disebut dengan cakar setan ternyata mengandung kebaikan untuk meredakan rasa sakit yang terjadi pada leher. Hal tersebut mungkin bisa terjadi karena kandungan berupa senyawa anti-peradangan yang diperoleh dari cakar setan dengan berperan sebagai penghilang rasa nyeri.

Umumnya, cakar setan dapat diperoleh dari berbagai bentuk, seperti teh, kapsul, bubuk akar dan juga larutan. Meskipun begitu, sampai saat ini masih belum ada penelitian lebih lanjut mengenai cara kerja cakar setan dalam meredakan rasa nyeri terhadap leher seseorang. Obat ini mungkin dapat membantu meredakan rasa sakit yang dialami, Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter saat nyeri tersebut semakin parah serta tidak kunjung sembuh.

• Lavender

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine, mengungkapkan bahwa minyak esensial yang satu ini dapat membantu meredakan nyeri leher. Dalam penelitian tersebut, lavender diolah menjadi minyak esensial serta dioleskan di bagian leher pasien.

Hasilnya, para pasien tersebut memberikan informasi bahwa nyeri leher dapat berkurang setelah penggunaan minyak esensial lavender yang dilakukan bersamaan dengan terapi pijat. Ini mungkin dapat terjadi karena kandungan senyawa anti peradangan yang bisa meredakan rasa sakit yang muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *