Khasiat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin sebagian dari anda sudah mengenal apa itu asparagus. Jenis sayuran ini memang tidak terlalu umum dijumpai, kecuali saat diolah menjadi sup asparagus. Bahkan, sayuran ini biasanya dapat ditemui di sejumlah supermarket yang menawarkan berbagai jenis sayuran yang cukup asing di telinga. Terlebih kandungan yang terdapat pada asparagus juga tidak kalah baiknya dengan sayur – sayuran lainnya.

Berikut beberapa manfaat asparagus yang sayang untuk dilewatkan, diantaranya

• Menyehatkan Pencernaan

Sistem pencernaan dalam tubuh umumnya memerlukan asupan berupa serat yang cukup agar dapat bekerja secara optimal. Anda dapat memperoleh asupan serat tersebut dengan hanya mengonsumsi sebanyak setengah cangkir seberat 1,8 gr. Selain itu, kandungan serat tidak larut pada asparagus juga sangat bermanfaat dalam melancarkan gerakan usus sehingga dapat digunakan sebagai pengobatan sembelit.

Sedangkan, untuk serat larutnya bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk bakteri baik pada usus, yakni Lactobacillus serta Bifidobacteria. Inilah sebabnya, dengan menjadikan asparagus sebagai menu makanan sehari – hari, termasuk salah satu cara terbaik dalam membantu kesehatan sistem pencernaan dan juga memenuhi kebutuhan serat harian anda.

• Membantu menurunkan Tekanan Darah

Umumnya tekanan darah tinggi sering dikaitkan dengan risiko utama terhadap penyakit stroke dan juga jantung. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Physiology, Endocrinology, and Metabolism, mengungkapkan bahwa dengan memperbanyak asupan makanan yang kaya akan sumber kalium sembari menekan asupan garam merupakan cara yang paling efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

• Padat Nutrisi

Asparagus kaya akan nutrisi yang cukup istimewa, namun kalori yang terdapat didalamnya sangat rendah. Protein, serat, lemak, vitamin E, vitamin C, vitamin A, fosfor,kalium dan folat merupakan nutrisi yang bisa anda jumpai pada asparagus. Selain itu, asparagus juga mengandung berbagai kandungan mikronutrien seperti riboflavin, zat besi dan juga zinc.

Asparagus juga digadang – gadang sebagai sayuran yang memiliki kandungan vitamin K cukup tinggi yang mana sangat berperan aktif dalam proses pembekuan darah serta menjaga jantung agar tetap sehat. Bahkan, dengan kandungan folatnya yang cukup tinggi pada asparagus menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil sebagai pembentukan DNA serta sel – sel calon bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *