Bagi Penderita Diabetes, Bisa Lakukan Olahraga Ini


Selain hati-hati memantau kadar gula darah dengan alat tes diabetes, Anda yang mengidap diabetes juga harus rutin berolahraga. Memang ada banyak cara untuk mengatasi atau meringankan gejala diabetes, namun tanpa olahraga yang teratur, upaya lain akan sia-sia. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan jadwal latihan Anda. Berolahragalah setidaknya tiga hari dalam seminggu dan jangan melewatkan latihan selama lebih dari dua hari untuk menghindari risiko obesitas dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga yang bagus untuk Anda!

Sepeda

Bersepeda merupakan olahraga kardio yang dapat memperkuat jantung dan meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membakar kalori.

Renang

Berenang sangat cocok untuk penderita diabetes. Berbeda dengan olahraga lainnya, renang merupakan olahraga yang tidak memberikan tekanan pada persendian. Berenang juga dapat menurunkan tingkat stres, menurunkan kolesterol dan membakar kalori.

Jogging / Jalan cepat

Jogging atau jalan cepat juga bisa dilakukan oleh penderita diabetes. Meski ringan, olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Selain jalan cepat, Anda juga bisa rutin jalan kaki selama 10 menit 4-7 hari seminggu.

Yoga

Dengan menggabungkan gerakan dan keseimbangan, yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi saraf. Selain itu, yoga dapat melawan resistensi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah. Jadi jangan ragu untuk mencoba olahraga yang satu ini.

Tai Chi

Selain yoga, Anda juga bisa melakukan tai chi. Tai chi merupakan rangkaian gerakan tubuh yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Meningkatkan kesehatan mental dan fisik membuat tubuh Anda lebih mudah mengontrol kadar gula darah.

Itulah beberapa jenis olahraga yang cocok untuk penderita diabetes. Namun, bagi penderita diabetes tipe 1, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga. Pastikan untuk memeriksa metabolisme Anda setidaknya dua kali sebelum berolahraga. Selalu periksa gula darah setiap 30 menit saat menjalankannolahraga ini.

Bahkan jika Anda berolahraga secara teratur, patut dipertanyakan apakah penderita diabetes bisa makan makanan manis, karena makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah. Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis makanan manis yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes seperti buah-buahan, gula merah dan lain-lain. Semoga bermanfaat!