Mengenal Jenis-Jenis Panty Liner Serta Fungsinya

Pada dasarnya, panty liner adalah versi pembalut yang lebih tipis yang digunakan untuk mencegah noda dan menjaga kebersihan pakaian dalam. Pakailah hanya jika Anda membutuhkan panty liner untuk melindungi pakaian dalam Anda dalam keadaan tertentu.

Jenis-jenis panty liner

Panty liner jauh lebih kecil dan tipis dari panty liner biasa, membuat penggunaan panty liner sedikit berbeda dari panty liner biasa.

Panty liner tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dari panty liner yang sangat kecil dan kompak hingga panty liner pelindung yang lebih besar. Fungsi panty liner besar adalah untuk wanita yang menderita keputihan berat dan menstruasi ringan.

Panty liner adalah produk sekali pakai yang dilengkapi dengan lem untuk menahannya. Untuk menjaga fungsi panty liner, ada baiknya mengganti panty liner setiap tiga hingga empat jam sekali.

Saat ini juga ada panty liner yang terbuat dari bahan kain yang bisa dicuci dan sering digunakan. Manfaat panty liner kain tidak jauh berbeda dengan panty liner sekali pakai. Panty liner tersedia dalam berbagai ukuran, bahan, pola, warna, dan daya serap.
Agar pas dan nyaman, panty liner memiliki sayap yang direkatkan ke bagian bawah celana di ujung sayap, sehingga tidak mudah meluncur.

Fungsi panty liner

Berikut beberapa fitur panty liner yang umumnya berkaitan dengan kenyamanan di area kewanitaan.

Menyerap keputihan dan keringat

Fungsi panty liner terutama untuk menyerap kelebihan warna putih agar tidak menodai pakaian dalam dan menimbulkan rasa tidak nyaman.
Selain itu, panty liner juga dapat menyerap keringat berlebih saat Anda berolahraga atau sibuk.

Menjaga kesegaran area kewanitaan

Kegunaan lain dari panty liner adalah untuk menjaga area vagina tetap lembab sehingga Anda dapat merasa segar dan kering sepanjang hari, serta untuk menghindari ketidaknyamanan yang dapat ditimbulkan jika vagina Anda basah atau lembap.

Cegah kebocoran selama periode yang tidak terduga

Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur atau lupa untuk mengingat menstruasi Anda, fungsi panty liner dapat membantu Anda dalam hal ini. Mengenakan panty liner dapat membantu mencegah kebocoran dan noda pada hari pertama menstruasi yang seringkali tidak terduga.