Mengetahui faktor penyebab, Gejala dan Upaya pencegahan Anemia

Mengetahui faktor penyebab, Gejala dan Upaya pencegahan Anemia

Penyakit anemia merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh merasa kekurangan sel darah merah atau fungsi sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, Organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen yang masuk sehingga dapat menyebabkan penderita anemia merasa mudah lelah dan pucat.

Penyakit anemia dapat dialami dalam jangka waktu sementara atau dalam jangka wakut kepanjangan dengan tingkat keparahan ringan hingga tingkat keparahan yang berat. Penyakit anemia merupakan suatu gangguna pada darah yang terjadi ketiak kadar hemoglobin berada dibawah tingkat normal.

Jika orang dewasa yang dikatakan mengalami anemia dengan kadar hemoglobin di bawah 14gram per desiliter untuk laki laki sedangkan untuk wanita dikatakan mengalami anemia bila kadar hemoglobin berada dibawah 12gram per desiliter. Bila anemia dengan memiliki kadar Hemoglobin dibawah 8gram per desiliter sudah termasuk dalam golongan berat dan biasanya kondisi ini disebut dengan anemia gravis. Untuk pengobatan penyakit anemia dapat didasari dari penyebab terjadinya mulai dari mengonsumsi suplemen zat besi, operasi dan Transafusi darah.

Faktor penyebab Penyakit anemia

Penyakit anemia merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat tubuh yang kekurangan sel darah merah yang menyebabkan sel sel dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Berikuti ini beberapa macam anemia yang umum terjadi berdasarkan penyebab terjadinya:

  • ¬†Anemia akibat kekurangan zat besi
    Tubuh yang kekurangan zat besi tidak dapat memproduksi Hemoglobin. Kondisi ini yang menyebabkan tubuh mengalami anemia yang disebabkan kekurangan asupan zat besi.
  • Anemia akibat masa kehamilan
    seorang ibu yang sedang hamil memgalami kadar hemoglobin yang lebih rendah daripada orang yang tidak hamil. Hal ini menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak asupan zat besi, vitamin B12 dan asam folat.
  • Anemia akibat perdarahan
    Anemia juga dapat disebabkan oleh perdarahan yang terjadi secara perlahan dalam jangka waktu lama atau sementara. Biasanya perdarahan terjadi akibat mengalami cedera, wasir, peradangan, gangguan menstruasi dan kanker usus.

Gejala Penyakit anemia

Ada beberapa gejala yang muncul akibat penyakit anemia tergantung dengan penyebab terjadinya sebagai berikut ini:

  1.  Mengalami sakit kepala dan pusing.
  2. Detak jantung menjadi tidak teratur.
  3. Tubuh mengalami mudah lemas dan lelah.
  4. Nafas menjadi pendek.
  5. Merasakan nyeri pada dada.
  6. Kulit mengalami pucat.

Upaya pencegahan penyakit anemia

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah terjadinya penyakit anemia sebagai berikut ini:

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung kaya akan zat besi dan asam folat.
  2. Mengonsumsi makanan yang mengadung vitamin B12 serta berbahan dasar kacang kacangan.
  3. Mengonsumsi buah buah yang mengandung vitamin C.
  4. Mengonsumsi suplemen zat besi secara rutin.