Konsumsi Gula Berlebihan? Masalah Kesehatan Ini Yang Akan Mengintai!

Konsumsi Gula Berlebihan? Masalah Kesehatan Ini Yang Akan Mengintai!

Pemakaian gula hampir tidak dapat dilepaskan dari berbagai makanan ataupun minuman yang dikonsumsi setiap hari. Dengan rasa yang manis membuat gula tersebut dapat menambahkan kenikmatan tersendiri seperti permen, es krim ataupun soda yang mana semuanya memiliki kandungan gula di dalam nya.

Akan tetapi, pernahkah anda mengetahui bahaya yang ditimbulkan pada kesehatan ketika dikonsumsi secara berlebihan? Tidak hanya diabetes, terdapat berbagai jenis penyakit lainnya yang secara tidak langsung maupun secara langsung yang akan muncul ketika seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan, antara lain

• Obesitas

Untuk obesitas termasuk salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh gula yang mana dapat memicu timbulnya berbagai penyakit kronis lainnya. Menurut BDA ( British Dietetic Association ), bahwa makanan ataupun minuman yang memiliki kandungan gula tambahan biasanya mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga ketika anda mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung gula yang cukup tinggi maka tidak menutup kemungkinan akan ada peningkatan juga terhadap kalori dalam tubuh.

Gula biasanya dapat mematikan sistem kendali nafsu makan terhadap seseorang sehingga ketika anda sekali saja makan ataupun minum manis maka akan membuat anda menjadi ingin makan makanan manis lainnya secara terus menerus yang mana tanpa di sadar membuat kalori dalam tubuh menjadi meningkat.

• Hiperglikemia

Hiperglikemia merupakan salah satu jenis penyakit gula darah tinggi yang mana termasuk sebagai komplikasi dari penyakit diabetes. Faktor pemicu munculnya diabetes hiperglikemia yakni kurangnya gerak, makanan yang tidak dijaga, konsumsi obat – obatan nondiabetes penyebab naiknya kadar gula darah dalam tubuh serta tidak konsumsi obat penurun gula darah ( suntik insulin ).

• Kerusakan Gigi

Gula dapat diibaratkan seperti magnet bakteri jahat yang terdapat pada mulut. Kelompok bakteri tersebut dapat memicu munculnya asam pada mulut setiap kali anda mengonsumsi gula sehingga bakteri jahat ini akan memakan gula yang ada pada makanan dan membentuk plak di bagian gigi.

Plak merupakan sebuah lapisan lunak dan juga lengket di bagian gigi yang mana terdiri dari 80 persen bakteri yang berasal dari air liur. Untuk plak yang tidak hilang dengan air liur dan juga tidak terangkat ketika disikat membuat pH dalam mulut menjadi menurun sehingga kadar asam menjadi meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *